Doa dan Ikhtiar yang Perlu Dilakukan Agar Segera Naik Haji

doa segera naik haji

Ibadah Haji merupakan rukun islam ke 5 yang bernilai pahala tinggi. Keislaman seseorang akan lebih sempurna apabila mampu melaksanakan haji. Di Indonesia sendiri, haji adalah ibadah yang cukup berat karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Belum lagi kuota haji di beberapa negara dibatasi, sehingga keberangkatan haji menunggu waktu hingga beberapa tahun. Bagi Anda yang bermimpi datang ke tanah suci untuk melaksanakan haji, ada baiknya terus berdoa dan berikhtiar supaya bisa segera naik haji. Berikut adalah doa dan ikhtiarnya.

  1. Membaca Salawat

Salawat yang disebut oleh Syekh Ahmad Qusyairi dalam kitab Al-Wasiilah Al-Hariyyah fi Al-Shalawat Ala Khairil Bariyyah, ini merupakan shalawat yang bisa membuat pengamalnya segera naik haji.

Syarat agar doa dan salawat ini terkabul adalah dibaca sekali sehabis shalat isya’ dan dibaca 40 kali setiap malam jum’at. Bacaan shalawat ini adalah sebagai berikut:

Allahumma shalli alaa sayyidina muhammadin shalatan turballiguna biha hajja baitikal haram, waziyarata habibika muhammadin alaihi afdhalus shalati wassalam fi sihhatin wa ‘afiyah wabulughil maraami wa ala alihi wa sahbihi wa sallim

Salawat tersebut memiliki makna agar Allah memberikan rahmat kepada Muhammad SAW dan menyampaikan keinginan untuk berkunjung ke makam nabi Muhammad.

  • Membaca Doa

Selain salawat diatas, ada pula doa yang bisa diamalkan dan dibaca tujuh kali setelah selesai shalat subuh. Bacalah doa berikut secara istiqomah dan mengharap keridaan dari Allah SWT.

Allahumma ya ghaniiyu ya khamiidu, yaa mubdauyaa mungiidu, yaa rakhiimu ya wadudu, aghninii bihalalika ngan haraa mika wa bi fadhlika ngammansiwaka

Doa ini memiliki makna memuji keangungan Allah SWT dan meminta kekayaan kepada Allah. Kemudian meminta harta yang halal dan juga meminta ketaatan serta karunia dari-Nya.

Istiqomah Ikhtiar Agar Segera Naik Haji

Doa akan terkabul jika kita imbangi dengan usaha yang maksimal. Begitupun ketika Anda ingin segera naik haji. Naik haji setidaknya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Sedikitnya 40juta rupiah ongkos yang harus dikeluarkan agar Anda dapat pergi haji. Itupun belum termasuk keinginan Anda untuk membeli oleh-oleh khas tanah suci.

  1. Menyisihkan rejeki secara berkala

Setiap manusia telah diberikan jatah rejeki. Cara menjemput rejeki pun berbagai macam dan bisa datang dari tempat yang tak diduga sebelumnya. Jika Anda memiliki target naik haji dalam 5 tahun, setidaknya Anda bisa menabung 1 juta rupiah per bulan.

Kita tidak pernah tahu darimana datangnya rejeki, yang terpenting adalah terus bekerja dan istiqomah menabung. Seperti beberapa kisah inspiratif yang mana seorang tukang pijit bisa naik haji dengan terus menabung selama beberapa tahun.

  • Menitipkan Uang Ke Lembaga Penyalur Haji

Jika Anda rasa menabung sendiri sangat sulit dan sering mengambilnya untuk kebutuhan, coba gunakan lembaga penyalur haji. Ini bisa dilakukan sebagai ikhtiar agar segera naik haji dan tak tertunda-tunda.

Biasanya lembaga penyalur haji memiliki program simpanan haji yang hanya bisa digunakan untuk pembiayaan haji. Jadi, meskipun Anda ingin mengambilnya tidak akan bisa karena dana ini hanya bisa digunakan untk naik haji.

  • Sabar dalam Berusaha

Setiap langkah usaha harus diiringi niat lillahita’ala. Jangan menyerah dalam berusaha dan berdoa agar segera dinaikkan haji. Ketika sudah ada niat insyaallah keinginan itu akan tercapai, cepat atau lambat.